Langsung ke konten utama
Layar Lirik Lagu
Info seputar lirik dan musik

Lirik Lagu Ibu Kita Kartini dan Biodatanya

Lirik Ibu Kita Kartini merupakan salah satu lagu wajib nasional yang sangat populer. Lirik lagu Ibu Kita Kartini diciptakan oleh W.R Supratman. Selengkapnya disini, disertai sejarah singkatnya.

Lirik Lagu Ibu Kita Kartini - Lagu Wajib Nasional


Judul Lagu : Ibu Kita Kartini
Diciptakan oleh : W.R Supratman (Wage Rudolf Supratman)
Album : Lagu Wajib Nasional

Lagu Ibu Kita Kartini
Lagu Wajib yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagu bagi kita, namun bagi sebagian orang ada yang hanya mengingat beberapa liriknya saja, dan ada juga yang belum mengenal secara jelas siapa Ibu Kartini itu, dan siapa juga yang menciptakan lagu Ibu Kartini, oleh sebab itu kami berusaha mengumpulkan beberapa informasi dari berbagai sumber untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas.

Sejarah Singkat Perjuangan Ibu Kartini
RA Kartini merupakan salah satu tokoh Pahlawan Nasional yang sangat menginspirasi di kalangan kaum hawa, banyak sekali buku buku karangannya yang berisi tentang Emansipasi perempuan dengan laki laki, salah satunya yang paling terkenal berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang".

Selain itu, beliau juga merupakan tokoh yang hidup di masa penjajahan belanda. Meski demikian, beliau berasal dari kalangan Priyai (Bangsawan) yang membuatnya mendapat pendidikan yang layak, tidak seperti kaum hawa lainnya yang hidup di masa itu. Dan dari situ juga banyak pemikiran dari beliau yang akhirnya di tuangkan ke dalam buku.

Berbagai masalah yang terjadi di kalangan kaum hawa saat itu, beliau tuangkan lewat buku bukunya, dan terutama lewat surat kabar. Beliau merasa resah dengan keadaan masyarakat Jawa saat itu, yang selalu bersikukuh dengan kebiasaan adatnya, yang tidak pernah menyekolahkan anak anak perempuannya, bahkan selalu dinikahkan di usia yang masih sangat muda.

Ibu Kartini, memang bukan tokoh pahlawan yang berjuang dengan memegang senjata. Namun, pemikiran pemikiran yang ia tuangkan lewat surat kabar sangatlah berpengaruh saat itu. Hingga banyak sekali teman temannya yang berasal dari Belanda sangat mendukungnya, salah satunya Rosa Abendanon.

Pemikiran pemikiran RA Kartini tidak hanya mengangkat masalah Emansipasi kaum perempuan, melainkan berbagai aspek lainnya, seperti : Sosial Umum.

Siapa Itu Ibu Kartini
Ibu Kartini mempunyai nama lengkap Raden Adjeng Kartini / Raden Ayu Kartini. Beliau lahir pada tanggal 21 April 1879 di Jepara dan meninggal pada tanggal 17 September 1904 di Rembang. Beliau adalah putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A. Ngasirah. Selain keturunan priyai dan kerajaan Majapahit, beliau juga keturunan dari pemuka Agama, kakeknya adalah Kyai Haji Madirono. Ibu Kartini sangat dikenal karena Emansipasi perempuan, yang diperjuangkannya saat itu.

Hari lahir Ibu Kartini diperingati sebagai hari Pahlawan Nasional, dan pertama kali diresmikan oleh Presiden Ir Soekarno pada tanggal 2 Mei 1964, dalam surat keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, dan pada tanggal 21 April ditetapkan sebagai hari Kartini.

Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini
Pencipta Lagu Ibu Kita Kartini adalah Wage Rudolf Soepratman (WR Supratman) pada tahun 1929. Beliau juga dikenal dengan lagu lagu lainnya seperti : Indonesia Raya, Indonesia Ibuku, Bendera Kita Merah Putih Bangunlah Hai Kawan, Mars KBI, Di Timur Matahari, Mars Parindra, Mars Surya Wirawan dan Matahari Terbit.

Beliau lahir pada tanggal 9 Maret 1930 di Jatinegara, Purworejo, Jawa Tengah dan meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938 di Surabaya.
Lihat juga lirik lagu lainnya : Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza
Berikut ini adalah selengkapnya Lirik Ibu Kita Kartini - Lagu Wajib Nasional.


Ibu Kita Kartini

Lagu Wajib Nasional - Ibu Kita Kartini Lirik

Ibu kita Kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini
Putri jauhari
Putri yang berjasa
Se Indonesia

Ibu kita Kartini
Putri yang suci
Putri yang merdeka
Cita-citanya

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendeka kaum ibu
Se-Indonesia

Ibu kita Kartini
Penyuluh budi
Penyuluh bangsanya
Karena cintanya

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia,,,

Jangan lupa bagikan Lirik Lagu Ibu Kita Kartini dan Biodatanya ke teman anda.
Note : Silakan membeli melalui media resmi seperti Spotify, Deezer, itunes, dan media pembelian musik lainnya. Kami tidak berbagi link download mp3 dan hanya menuliskan lirik dan info seputar lagu terkait.